3/31/2009

Sambas, Di Manakah Itu?

Sambas adalah salah satu Kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas memiliki luas wilayah 6.395,70 km² atau 639.570 ha (4,36% dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Barat). Terletak pada bagian pantai barat paling utara dari wilayah propinsi Kalimantan Barat. Panjang pantai ±128,5 km dan panjang perbatasan negara ±97 km.
Kabupaten Sambas terletak di koordinat geografi:
- 1’23” LU dan 108’39” BT

Batas administratif adalah sebagai berikut:
- Utara: Sarawak, Malaysia Timur
- Selatan: Kota Singkawang
- Barat: Laut Natuna
- Timur: Kabupaten Bengkayang

Kabupaten Sambas yang ada saat ini adalah hasil pemekaran kabupaten di wilayah Kalimantan Barat pada tahun 2000. Sebelumnya, Wilayah Kabupaten Sambas sejak tahun 1960 adalah meliputi juga Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang sekarang. Pembentukan Kabupaten Sambas pada tahun 1960 itu adalah berdasarkan bekas Wilayah Kekuasaan Kesultanan Sambas.

Sejarah tentang asal usul Kesultanan Sambas tidak bisa terlepas dari kerajaan di Brunei Darussalam. Antara kedua kerajaan ini mempunyai kaitan persaudaraan yang sangat erat.Pada jaman dahulu, di Negeri Brunei Darussalam, bertahtalah seorang Raja yang bergelar Sri Paduka Sultan Muhammad. Setelah beliau wafat, tahta kerajaan diserahkan kepada anak cucunya secara turun temurun. Sampailah pada keturunan yang kesembilan yaitu Sultan Abdul Djalil Akbar. (Juli 2007).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar